Situs Publikasi Makalah Ilmiah

Situs Publikasi Makalah Ilmiah

Daftar Isi
Makalah, menjadi makanan biasa yang sering dibuat oleh mahasiswa dan pelajar untuk memenuhi tugas mereka. Mulai dari sistematika penulisan, daftar isi, bab utama hingga berakhir pada penutup tentu membutuhkan waktu dan pemikiran yang cukup dalam untuk melahirakan satu makalah saja. JIka sudah terbiasa, akan lebih mudah pastinya.

Mencari referensi dari buku, internet, jurnal hingga literasi di youtube maupun di situs resmi, pembuatan makalah akan semakin mudah dan isinya bakal lebih bermakna karena kaya makna, Lantas apa saja yang harus diperhatikan untuk menyusun makalah yang bagus ?

Pada kesempatan ini, saya akan mengulas sedikit tentang makalah . Yuk simak.

Pengertian Makalah

Makalah adalah tugas ilmiah yang diberikan oleh dosen dan pendidik. Jaman saya masih berastatus sebagai pelajar, saya baru punya pengalaman menyusun makalah di usia-usia tersebut. Karena tugas wajib dan sebagai laporan praktik kerja nyata .

Karya ilmiah, biasanya dibuat berdasarkan referensi terpercaya yang mana sumber dan isinya dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu, sistematika kepenulisan juga menjadi syarat wajib yang dipenuhi.

Menurut kamus besar bahasa indonesia, makalah merupakan tulisan resmi yang dimaksudkan untuk dipublikasi atau diterbitkan.

Saya menjadi teringat, awal mula membuat makalah. isinya masih belum sempurna. Namun semakin banyak jam terbang karena tugas kuliah waktu itu kebanyakan makalah, lambat laun semakin terampil.

Makalah memang bobotnya di bawah jurnal ilmiah, meski begitu kemampuan untuk bisa membuat makalah dengan bagus menjadi suatu keharusan.

Pasalnya, sebelum membuat skripsi, membuat seminar, workshop, menyusun jurnal, makalah menjadi tahapan proses yang harus terlebih dulu dibuat untuk memberikan gambaran pembaca agar makalah dapat tersusun dengan rapi.

Intinya, jadi penyambung konsep besar dari penelitian berikutnya yang akan ditempuh. Karena dalam konteks ini saya ingin mengajak teman-teman lebih ke hal praktis bagaimana menyusun makalah dengan bagus, secara basic ini juga menjadi hal menarik dapat menambah branding diri di dunia pendidikan.

paper submission


Struktur Kepenulisan Makalah Yang Benar dan Tepat

Struktur makalah, biasanya berisi pembuka, isi dan penutup. Dalam ketiga poin tersebut, ada turunannya lagi yang jika dijabarkan adalah sebagai berikut :
Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan
Bab II Pembahasan
Bab III Penutup
Kesimpulan
Saran
Daftar Pustaka
Lampiran

Untuk makalah yang lolos atau dapat dipublikasikan di kancah internasional, dalamnya ada abstrac. Yang menggambarkan isi makalah dibuat dengan metode apa dan tujuannya jelas.

Oleh karena itu, makalah yang punya goals di upload di ranah internasional, butuh pemikiran keras agar makalah bisa tayang dan mendatangkan kebahagiaan.

Nah, salah satu situs yang memuat call of paper teman-teman yang suka bikin tulisan ilmiah dengan dukungan literatur yang bagus, csen2022.org bisa menjadi lirikan teman-teman untuk mengasah kemampuan.

9th International Conference on Computer Science and Engineering

Memang , bahasan di csen2022.org lebih dominan, topik ilmu komputer dan rekayasa. Bahkan jika di list, ada sekitar 40 buah topik bahasan yang bisa teman-teman cari literasinya di https://csen2022.org/#scope . Ini sangat bisa membantu dalam pembuatan jurnal ilmiah, dengan memanfaatkan media ini agar warga Indonesia juga semakin meningkat budaya literasinya.

Pengiriman Makalah

Biasanya di https://csen2022.org perihal mengirimkan makalah, akan melalui proses kurasi cukup ketat, untuk memastikan makalah yang lolos publikasi adalah makalah yang memberikan trust kepada pembaca. Baik itu dari bahasa, tulisan dan referensi yang di gunakan.

call for paper

Oleh sebab itu, yuk tunjukkan kreativitas mu dalam menulis tulisan ilmiah yang nantiinya bisa dipublikasikan dalam bentuk jurnal, berkat makalah yang kamu buat menarik agen untuk dipublikasikan.

Posting Komentar